Wednesday 29 May 2013

MENGINTIP PASAR MALAM DI PENJARINGAN

MENGINTIP PASAR MALAM DI PENJARINGAN





Bicara pasar malam, sudah biasa dan menjadi agenda wajib warga untuk mengurangi isi dompet. Kehadiran pasar malam membantu pertumbuhan ekonomi, menggerakan roda ekomomi. Hadirnya membantu putaran roda semakin cepat. Suasana pasar malam umumnya dikuasi dengan jualan pakaian, sepatu. Para pembeli sibuk mencari dan mecoba ukuran baju, celana, sepatu, sendal dan penjual setia melipat dan merapihkan kembali jualan yang diobarak-abrik. Cape ya syukur kalau si pengobarak-abrik beli dagangan kalau tidak " cape de...." tapi tetap dilayani dengan senyum.

Suasana Pasar malam di Penjaringan  Selasa 28 Mei 2013  berubah wajah. Suara tawaran pembeli dan penjual tenggelam di tengah suara musik dan tepukan tangan. Bukan acara " dangdutan" dengan goyangan yang ngebor tetapi liukan tubuh anak-anak saat membawakan tarian daerah. dan di pinggir arena pementasan ibu-ibu dengan dandanan batik menawarkan aneka produk; Bakso Ikan, Snack, Siomay, aneka minuman dan handycraft yang terbuat dari daur ulang kertas-kertas seperti bungkusan kopi.

Mereka adalah team Bazzar dari PKK Kelurahan Penjaringan, bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia. Team Bazzar ini mencoba mengangkat produk-produk lokal agar semakin dikenal masyarakat .Upaya mensosialisasikan produk-produk lokal ini dikemas dengan kegiatan pementasan malam hiburan sepeti Tarian, Marawis, Komedi peragaan busana, Marawis. 

Tema Bazzar :

 
Menurut pengakuan ibu-ibu PKK, Bu Nur, Istri dari Ketua RW 16 Penjaringan, ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh PKK. Sebelumnya PKK terlibat dalam kegiatan Bazzar yang dilakukan di tingkat kecamata dan walikota namun itu hanya utusan dari beberapa RW saja tetapi malam ini semua PKK tingkat unit RW bersatu mewujudkan Bazzar PKK Kelurahan Penjaringan.

Produk unggulan yang dijual dalam kegiatan ini adalah Bakso Ikan. Produk Bakso Ikan ini diproduksi oleh PKK RW 04 Kamal Muara yang dilatih oleh Akademi Pariwisata Indonesia. Mengusung spirit produk Lokal, Bakso Ikan yang diproduksi adalah Bakso Ikan tanpa Zat Pengawet, tanpa Zat Pengembang. Bakso yang sehat dan bergizi bagi anak-anak. 
Sebagai dampigan Wahana Visi Indonesia, PKK Kelurahan Penjaringan dan Kamal Muara membangun  relasi ekonomi dengan mengusung konsep  " Value Chain" . Artinya, PKK Kelurahan Kamal Muara fokus dan berorientasi pada produksi Bakso Ikan yang sehat dan PKK Kelurahan Penjaringan (Team Bazzar) fokus pada marketing.. Bisa baca di http://bolyuran.blogspot.com/2013/04/harapan-itu-perlahan-berwujud.html.

Acara Bazzar malam ini juga diisi dengan atraksi dari para mahasiswa Akpindo yang merupakan mitra Wahana Visi Indoensia dalam pengembangan produk makanan berbasis hasil laut. Momen ini sekaligus ajang promosi Akpindo ke Warga Penjaringan yang belum terlalu mengenal tentang Akpindo.



Fot Atraksi Akpindo :







Daur Ulang :

konsep Bazzar ini juga mengakat tema Lingkungan Hidup.  Melalui pameran Handycraft dari daur ulang kertas kantong kopi PKK mencoba mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Rencan ke depan, kantong untuk mengisi hasil pembelian tidak lagi dari kantong plastik tetapi dari Tas hasil daur ulang. Diharpkan warga ketika datang mengunjung kegiatan Bazzar atau ke pasar membawa dengan tas-tas dari daur ulang sebagai kantong untuk mengisi barang-barang belanjaan.





Testimoni :

"Saya merasa puas karna kita bisa memulai kegiatan ini. Anak-anak sangat senang karna mendapat tempat dan waktu untuk mempertunjukan kreativiatas dan bakat mereka dan ibu-ibu PKK memiliki pengalaman bagaiman mengelola sebuah kegiatan Bazzar yang menarik " tutur Bu Rina, kader PKK RW 15 Penjaringan.



"Saya sangat senang karna melalui kegiatan ini semua PKK RW bersatu dan kita bisa berjuang bersama mewujudkan produk-produk lokal, khususnya masyarakat semakin mencintai dan mau memakai produk daur ulang" Bu Nani RW 13 Penjaringan 

"wahhhh, cape pak tapi melihat acara ini berjalan lancar dan anak-anak bisa tampil dengan baik, rasa cape itu hilang, Bu Wanti RW 11 Penjaringan

"Bakso Ikan sudah semakin dikenal dan banyak orang suka soalnya sehat, rasanya enak. Jualan bakso ikan tidak harus menungguh bazzar saja tetapi harus rutin. Kalau ada ibu-ibu yang mau jualan kita PKK siap fasilitasi. Artinya Grobak Bakso Ikan dari Wahana Visi Indonesia ini akan dipakai untuk jualan dan modalnya kita PKK yang siapkan., Bu Yulis, Penjual Bakso Ikan, PKK RW 10 Penjaringan

Yadi Suryadi, Katar sekaligus Pengurus RW 13 Penjaringan "dengan kegiatan ini kita bisa tahu apa saja kekuarangan kita. Dengan pengalaman ini, team ini diharapkan semakin berkembang dan menjadi wadah yang tepat bagi marketingnya produk-produk lokal dan melalui kegiatan ini juga kepercayaan diri anak-anak semakin berkembang"

Foto Gerobak Bakso Ikan





Kelompok Teater, acara Peragaan Busana pendemo....

Kelas Marawis RW 11 Penjaringan




"Langkah kecil telah dimulai
Kesuksesan adalah keteguhan untuk terus melangkah
mereka tersenyum
lepas bebas, tawa gembira mereka 
lukiskan indahnya hidup

mulai dari sini, 
mulai tapak ini
mulai lembaran ini
mulai kisah ini
di lembaran ini, kita kisahkan 
tentang Indahnya Hidup....




Salam        

Uran Oncu

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...